5 Perspektif yang Harus Dimiliki Supaya Mampu Beradaptasi dengan Perubahan
Ilustrasi cara beradaptasi dengan perubahan (Unsplash/Jonas Jacobsson)

Bagikan:

PALEMBANG- Setiap hal dalam hidup ini pada umumnya mengalami perubahan. Perubahan yang terjadi dalam aspek kehidupan ini bisa secara drastis maupun perlahan, namun yang pasti tak bisa dihindari. Mulai dari berpindah kota, musim berubah, hingga tantangan hidup menyelesaikan masalah pun terus-menerus tak bisa dihindari. Jadi, apa yang dibutuhkan untuk 'menyambut' perubahan? Kemampuan dalam Menyesuaikan bagaimana Anda melewatinya.

Tak sedikit merasa lelah dan ingin menyerah. Bahkan lama waktu untuk menjiwai perasaan nelangsa pada peristiwa yang tak terduga. Tetapi lagi, perubahan memerlukan kemampuan dalam beradaptasi sekali. Menurut Robert Puff, Ph.D. dilansir  Psychology Today,  Selasa, 16 Agustus, dapat menyesuaikan diri dengan perubahan yang membuat hidup kita akan baik. Tetapi ketika berteriak mengenai kehidupan ini tak adil, maka kita akan menderita, tulis Puff. Untuk belajar Beradaptasi dengan perubahan, ini tips yang perlu diingat.

1. Persiapkan dengan baik

Perubahan kerap tak terduga, dan ini sering membuat  down. Yang perlu diingat, diharapkan diharapkan hanya dapat mengejutkan dunia tidak. Tetapi ketika kita menerima bahwa hidup akan berubah, kita tidak akan berteriak tentang 'hidup ini tak adil' atau 'kenapa 95 persen hidup adalah masalah'. Artinya, bangun perspektif atau pemahaman bahwa kehidupan selalu berubah dan Anda siap menghadapinya.

2. Akui dan sesuaikan diri dengan perubahan

Ketika memahami hidup adalah petualangan, artinya mengakui bahwa perubahan hidup adalah jalan  yang perlu dilewati  . Menyesuaikan diri dengan berubahan bukan mencari kesalahan. Tetapi tidak boleh juga menerima kepahitan. Sebaliknya, seseorang harus membangun keterampilan dalam beradaptasi. Misalnya, perpisahan, sakit, kehilangan, sesuatu yang bisa diobati. Yang diperlukan adalah mengubah gaya hidup untuk menyesuaikan diri dengan kondisi terkini.

3. Menerima perubahan

Alih-alih bertanya pada diri sendiri mengapa sesuatu terjadi, lebih baik menerima perubahan yang dialami. Ketika menerima perubahan, Anda dapat menemukan cara untuk mengatasi dan membuat perubahan bekerja pada Anda. Paling penting lagi, bagaimana cara menghadapi perubahan berkaitan dengan mereka memandang tantangan.

4. Kebahagiaan bukan materi

Tak sedikit orang berkecukupan tetapi tak merasa bahagia dalam hidupnya. Ada pula yang hidup sederhana tetapi tampak sejahtera. Lantas apa yang penting dari dua kehidupan yang berbeda tersebut? Itu membuktikan bahwa materi bukan kunci dari kebahagiaan. Tetapi menyesuaikan dengan perubahan yang artinya tidak bergantung pada ‘barang’ dan kondisi.

5. Buat keputusan

Kita tak pernah bisa menghindar sedetik pun dari perubahan. Jadi, perlu diputuskan untuk membuat diri berhasil melampauinya atau mempertanyakan tentang perubahan yang dialami dan proses terhenti. Mungkin Anda tak menyukai perubahan, atau kesal untuk sementara waktu. Tetapi Anda tetap perlu fokus menjelang keadaan baru dan membuat keputusan hidup sehingga berjalan pada jalur tertentu.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.