Penyebab Berat Badan Naik Saat Musim Dingin, Sudah Tahu?
Ilustrasi penyebab berat badan naik saat suhu dingin (iStockphoto)

Bagikan:

PALEMBANG- Kondisi suhu dingin dapat membuat orang mengonsumsi makanan lebih banyak hingga menyebabkan badan naik. Tidak sepenuhnya benar tetapi ada penjelasan ilmiah mengapa suhu dingin berat badan lebih mudah naik.

Ketika suhu dingin, metabolisme tubuh cenderung mengejar. Ini ditentukan oleh peran tiroid dalam mengatur pengaturan yang cenderung lebih cepat ketika suhu lebih tinggi. Melansir  Live Strong,  Rabu, 27 Juli, ketika tubuh aktif maka suhu tubuh lebih hangat. Sehingga seolah-olah panas adalah hasil dari metabolisme yang cepat. Sebaliknya, ketika Anda terus-menerus terkena suhu dingin, metabolisme akan menghemat energi dan panas. Tetapi dalam waktu singkat suhu dingin, tidak akan memperlambat metabolisme tubuh. Contohnya, jalan-jalan di salju tidak cukup mengubah metabolisme bekerja lebih lambat.

Namun ketika sistem endokrin tidak berfungsi dengan baik, suhu tubuh inti mungkin menurun. Efeknya memperlambat metabolisme.

Penyebab Berat Badan Naik saat Musim Dingin 

Barat badan naik selama bulan-bulan musim dingin, merupakan masalah korelasi sederhana. Bukan hasil dari metabolisme yang lambat. Tetapi makanan yang bernutrisi dan berlebihan di sekitar liburan dapat berperan dalam penambahan berat badan di cuaca dingin. Demikian pula jika Anda biasanya olahraga teratur, karena di luar dingin, frekuensi olahraga jadi berkurang.

Hal lain yang mempengaruhi metabolisme adalah suhu tubuh rendah. Suhu tubuh yang rendah terkadang mengindikasikan hipotiroidisme. Gejalanya sangat beragam, namun dokter mungkin akan menyarankan untuk mengubah pola makan atau melakukan perawatan untuk mengatasinya.

Cara Menjaga Tubuh Supaya Berat Badan Tidak Naik

Nah, untuk mempercepat metabolisme sehingga setidaknya berat badan stabil saat suhu sedang dingin-dinginnya, bisa melakukan sejumlah cara hidup sehat. Seperti rutin olahraga dengan gerakan pembentukan otot yang lebih banyak membakar kalori daripada lemak. Kedua, makan dalam porsi kecil setiap kali jam makan atau buat lebih sering makan dengan porsi kecil alih-alih makan sekali atau dua dengan porsi besar.

Itulah alasan kenapa berat badan naik. Bukan hanya berkorelasi dengan metabolisme melambat pada ketika suhu dingin, tetapi membutuhkan tubuh tetap aktif agar suhu inti tubuh normal dan mendorong metabolisme tetap bekerja normal.