5 Manfaat Bunga Kembang Sepatu bagi Kesehatan dan Kebugaran Tubuh
Ilustrasi minuman bunga (Olya Kobruse/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Bunga sepatu banyak disukai orang karena memiliki bentuk dan warna yang indah. Ternyata di balik itu bunga sepatu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan seperti meningkatkan sistem kekebalan dan pencernaan.

Untuk mendapatkan manfaat dari bunga sepatu, orang-orang biasa membandingkannya dan mengolahnya menjadi teh. Berikut adalah beberapa khasiat lainnya dari bunga sepatu yang dilansir dari  Health Cleveland Clinic,  Kamis, 28 Juli.

Kaya Antioksidan

Bunga sepatu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta beta-karoten, vitamin C dan antosianin yang mampu berperan sebagai penangkal radikal bebas di dalam tubuh. Antioksidan menghancurkan molekul berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas di dalam tubuh.

Radikal bebas menyebabkan kerusakan sel yang berkontribusi terhadap penyakit seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes. Sementara tubuh Anda menggunakan antioksidannya sendiri untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas, makanan kaya antioksidan juga dapat berperan dalam mencegah penyakit.

Melawan Peradangan

Efek anti-inflamasi yang terdapat di dalam bunga sepatu mampu membantu mengatasi berbagai macam penyakit serius seperti kanker, asma, penyakit jantung, alzheimer, dan rheumatoid arthritis.

Menjaga kesehatan hati

Menurut penelitian, bunga kembang sepatu dapat membantu menjaga kesehatan hati atau liver. Ekstrak bunga ini mampu melindungi hati dari berbagai racun karena mengandung antioksidan yang kuat. Selain menjaga dari kerusakan hati, bunga kembang sepatu pun diyakini dapat melindungi tubuh dari penyakit kanker hati.

Menurunkan Kolesterol

Studi klinis menunjukkan jika teh bunga sepatu dipercaya mampu membantu menurunkan kadar kolesterol. Meski begitu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat efektivitasnya.

Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi menyebabkan masalah kesehatan serius seperti serangan jantung,  stroke, gagal jantung, dan penyakit ginjal. Dalam uji klinis, minum teh kembang sepatu telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.