Kepala Daerah se-Babel Gelar Rapat Koordinasi Membahas Empat Isu Strategis
Rakor virtual pemimpin kabuaten kota di Bangka Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Rapat koordinasi membahas empat isu penting digelar oleh Pemprov di kabupaten kota di Kepulauan Bangka Belitung. Rakor tersebut bertujuan untuk meningkatkan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Ridwan Djamaluddin, Pejabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, memimpin jalannya rakor secara virtual. Ia mengatakan rapat itu untuk menginventarisir berbagai permasalahan yang terjadi di masing-masing perangkat daerah yang berimbas pada perekonomian masyarakat.

Menurut dia, empat isu strategis di Bangka Belitung yang mengemuka dan berhasil diinventarisir adalah masih terbatasnya produksi ikan, sementara permintaan dan kebutuhan masyarakat sangat tinggi.

Salah satu faktor munculnya bahan tersebut karena para nelayan kesulitan untuk mendapatkan bahan bakar bersubsidi solar dan Pertalite, sehingga menghambat aktivitas untuk melaut sehingga mengakibatkan ikan menjadi sulit didapat.

"Kalaupun (bahan bakarnya) ada, tidak banyak dan harganya pun menjadi mahal," ujarnya.

Pembahasan Anjloknya Harga Tandan Buah Segar

Kemudian isu strategi kedua berupa anjloknya harga tandan buah segar (TBS) perkebunan mitra dan nonmitra, serta akan adanya krisis pangan global.

Sedangkan isu lain adalah mengenai masih tingginya angka prevalensi stunting di beberapa kabupaten dan isu pemberantasan penambangan bijih timah ilegal.

"Saya meminta agar segera dibahas dan didiskusikan dengan baik di tingkat internal perangkat daerah pengampu, kemudian berkoordinasi dengan mitra serta pemangku kepentingan terkait, sehingga dapat dicarikan jalan keluarnya," katanya.

Rakor Strategi Pemulihan Ekonomi Daerah

Ia berharap rakor strategi pemulihan ekonomi daerah dan sinergitas pengendalian inflasi menuju masa endemi itu dapat menghasilkan draf rencana aksi yang positif sebagai upaya penyelesaian masalah yang ada.

"Hasil pembahasan rakor teknis ini akan menjadi bahan pembahasan pada saat rakor gubernur dengan bupati dan wali kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang insya Allah akan dilanjutkan pada Kamis (28/7)," ujar Ridwan.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.