5 Pentingya Meluangkan Waktu Kencan Bersama Pasangan Meski Sudah Lama Menikah
Ilustrasi kencan berdua meski sudah lama menikah (Freepik)

Bagikan:

PALEMBANG- Pasangan memerlukan waktu berkualitas atau quality time yang dihabiskan berdua atau yang populer disebut kencan. Kencan meskipun hanya dua jam bersama pasangan, berdasarkan penelitian di Institute Gottman, bisa membangun hubungan lebih sehat dan bahagia.

Kencan bersama  pasangan tidak melulu bergelimang kemewahan. Anda dan pasangan cukup pergi ke kedai kopi dan mengorol. Jika ingin di rumah saja, berdua bisa memasak makanan bersama. Sedangkan jika ingin menikmati kencan bernuansa lebih kreatif, berdua bisa mengunjungi museum atau pameran seni.

Menurut konselor pasangan dilansir Psychology Today, Kamis, 19 Mei, Kari Rusnak, MA., LPC., memberikan penjelasan mengapa berkencan atau menghabiskan waktu berdua bersama pasangan itu penting dilakukan.

1. Meningkatkan koneksi

Memberikan perhatian penuh pada pasangan kerap terdistraksi urusan lain, seperti mengurus anak-anak, pekerjaan, tugas, hingga gawai. Pada kencan yang fokus berdua, hendaknya meletakkan sejenak ponsel Anda. Dengan begitu Anda dan pasangan dapat saling memberikan perhatian penuh sehingga koneksi kuat terjalin.

2. Membangun interaksi positif

Cara berinteraksi juga berkaitan dengan kondisi emosional. Ketika Anda lelah, atau pasangan sedang banyak pekerjaan, maka komunikasi positif dibutuhkan. Untuk mempertahankan interaksi yang baik, Anda dan pasangan bisa meluangkan waktu untuk bersenang-senang bersama.

3. Waktu bersama lebih terasa bermakna

Makna bersama, dijelaskan oleh Rusnak sebagai cara Anda mendefinisikan dan berbagi sesuati sebagai pasangan. Anda bisa memaknai kebersamaan bersama pasangan pada momen spesial, seperti pada hari penting. Hal yang bisa dinikmati antara lain sentuhan fisik, misalnya ciuman.

4. Memperbaiki hubungan

Setiap orang memiliki capaian dan mimpi masing-masing. Ketika berkomitmen, perlu membicarakan hal yang sudah dicapai bagi setiap orang dan dalam hubungan berdua. Ketika kencan, Anda dan pasangan juga bisa memeriksa kembali apa yang perlu diperbaiki dan hal yang pantas diapresiasi.

5. Meningkatkan kepuasan hidup

Bersenang-senang dalam hubungan sangat penting untuk kepuasan. Ini membantu untuk menyeimbangkan stres dan tanggung jawab yang dipikul. Artinya, meluangkan waktu setidaknya dua jam setiap minggu bersama pasangan dapat bermanfaat tidak hanya untuk keharmonisan tetapi juga kesejahteraan secara menyeluruh.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.