BPJN Bengkulu Pangkas dan Tebang Pohon untuk pemeliharaan jalan, Siapkan Anggaran Rp266 Juta
BPJN Bengkulu (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Anggaran sebesar Rp266 juta disiapkan oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Bengkulu untuk memangkas atau menebang 38 pohon di jalan nasional yang dinilai rawan tubang. Pohon yang akan ditebang untuk pemeliharaan jalan dari wilayah pegunungan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah hingga ke Kabupaten Kepahiang.

Kasi Preservasi atau Pemeliharaan Jalan BPJN Bengkulu, Doli Iskandar di Bengkulu, Kamis, menyebutkan bahwa untuk penebangan satu pohon diperkirakan membutuhkan biaya mencapai Rp7 juta,  sehingga untuk 38 pohon besarnya biaya sekitar Rp200 juta lebih.  

Pemprov Bangka Belitung Memangkas dan Menebang Pohon yang Berbahaya 

Biaya yang dibutuhkan cukup besar karena lokasi pohon tersebut berada di pegunungan sehingga membutuhkan waktu dan biaya untuk membawa alat-alat yang digunakan.

Dalam proses penebangan 38 pohon tersebut, kata Doli, pihaknya juga bekerja sama dengan pihak terkait untuk membantu memperlancar proses penebangan, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) serta anggota kepolisian.

Pemerintah Provinsi Bengkulu segera memangkas atau menebang 38 pohon yang rawan tumbang dan membahayakan aktivitas masyarakat ataupun pengendara yang melintas.
 

Pemangkasan Pohon di Jalan Bengkulu untuk Mengindari Kecelakaan Jalan

Pemangkasan pohon tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadi kembali bencana pohon tumbang yang memakan korban jiwa saat pengendara melintasi jalan tersebut.
 
Dari 38 pohon yang dipangkas, 24 pohon diantaranya merupakan pohon yang berada di kawasan hutan lindung, sedangkan 14 pohon lainnya berada di lahan milik warga.
 
Untuk teknis pelaksanaan,  akan dilakukan sterilisasi di lokasi penebangan sebelum melakukan pemangkasan dan melakukan pengaturan lalu lintas seperti buka tutup untuk mengantisipasi kemacetan.
 
Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.