5 Cara Mengatasi Kesulitan Tidur Ibu yang Baru Punya Anak, Perlu Adaptasi dan Terbiasa
Ilustrasi perempuan melamun (Engin Akyurt/Unsplash)

Bagikan:

PALEMBANG- Salah satu tantangan yang dialami oleh pasangan muda yang menjadi orang tua baru adalah kemampuan untuk beradaptasi. Kebiasaan sehat bersama pasangan perlu dijalin dan dibangun untuk menjalani perubahan dalam hidup dengan baik. 

Salah satu tantangan yang dialami oleh pasangan muda yang menjadi orang tua baru adalah kemampuan untuk beradaptasi. Kebiasaan sehat bersama pasangan perlu dijalin dan dibangun untuk bisa menjalani perubahan dalam hidup dengan baik. 

Setelah melahirkan, ibu pun masih harus melalui banyak perjuangan selama fase adaptasi, antara lain sibuk mengurus bayi, proses menyusui, dan menjalani masa nifas. Tak hanya itu, sebagian wanita ada yang memiliki masalah atau gangguan tidur setelah melahirkan. Padahal, kualitas tidur yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental seseorang. 

Jika ibu ingin mengatasi susah tidur setelah melahirkan, tak perlu khawatir karena VOI telah merangkum cara ampuhnya khusus untuk Anda.

Mandi air hangat

Berdasarkan studi, mandi air hangat bisa membuat tubuh rileks, hormon adrenalin yang membuat tubuh terjaga juga akan menurun dengan cara ini. 

Nyalakan lilin aromaterapi 

Lilin yang cantik dan wangi merupakan kemewahan sejati. Lilin aromatherapy tidak hanya menawarkan aroma yang membuat Anda merasa lebih rileks, tetapi juga memberikan suasana cahaya yang berbeda. Pilih wangi yang bisa menurunkan tingkat stres, seperti aroma bunga Lavender yang dapat meredakan syaraf-syaraf yang tegang, mengatasi perasaan tertekan, bingung, cemas, kelelahan dan lainnya.

Aroma Lavender sangat cocok untuk Anda yang telah mengalami kelelahan setelah seharian beraktivitas. Sedangkan aroma Bergamot yang berasal dari kulit buah jeruk akan meringankan ketegangan pada saraf, membuat tubuh lebih rileks, serta membantu untuk menjernihkan pikiran.

Buat kamar tidur lebih nyaman

Demi menciptakan tidur yang berkualitas, cobalah untuk membersihkan dan menata ulang kamar agar semakin nyaman. Menata ulang kamar dapat menjadi sebuah solusi untuk mengatasi kesulitan tidur setelah melahirkan. Selain dibersihkan secara teratur, cobalah untuk mengatur suhu kamar dan menggunakan lampu tidur yang lebih redup. 

Pengaturan cahaya lampu perlu diperhatikan dengan baik. Cahaya lampu kamar yang redup dapat membantu Mama untuk tidur lebih nyenyak. Terkait kamar tidur yang nyaman, usahakan juga untuk mengganti seprai secara teratur. Tak hanya menciptakan rasa nyaman saja, namun juga bisa meningkatkan kesehatan karena terhindar dari kuman penyakit.

Minum minuman hangat

Asalkan bukan minuman yang mengandung kafein, boleh diminum sebelum tidur. Seperti susu hangat, teh chamomile, teh lavender, maupun teh kayu manis.

Makan makanan yang mengandung magnesium

Disamping almond dan kacang-kacangan, posing, alpukat, dan tahu juga mengandung magnesium. Kabar baiknya, kandungan kalsium membantu mengatur siklus tubuh, terutama membuat tidur lebih berkualitas.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk anda.

, antara lain sibuk mengurus bayi, proses menyusui, dan menjalani masa nifas. Tak hanya itu, sebagian wanita ada yang memiliki masalah atau gangguan tidur setelah melahirkan. Padahal, kualitas tidur yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental seseorang. 

Jika ibu ingin mengatasi susah tidur setelah lahir, tak perlu khawatir karena  VOI  telah merangkum cara ampuhnya khusus untuk Anda.

Mandi air hangat

Berdasarkan penelitian, mandi air hangat dapat membuat tubuh rileks, hormon adrenalin yang membuat tubuh terjaga juga akan menurun dengan cara ini. 

Nyalakan lilin aromaterapi 

Lilin yang cantik dan wangi merupakan kemewahan sejati. Aromaterapi Lilin tidak hanya menawarkan aroma yang membuat Anda merasa lebih rileks, tetapi juga memberikan suasana cahaya yang berbeda. Pilih wangi yang bisa menurunkan stres, seperti aroma bunga Lavender yang dapat meredakan-syaraf yang tegang, mengatasi perasaan tertekan, bingung, kelelahan, kelelahan dan lainnya.

Aroma Lavender sangat cocok untuk Anda yang kelelahan setelah seharian beraktivitas. Sedangkan aroma Bergamot yang berasal dari kulit buah jeruk akan meredakan nyeri pada saraf, membuat tubuh lebih, serta membantu untuk menjernihkan pikiran.

Buat kamar tidur lebih nyaman

Demi menciptakan tidur yang berkualitas, berusaha membersihkan dan menata ulang kamar agar lebih nyaman. Menata ulang kamar dapat menjadi sebuah solusi untuk mengatasi kesulitan tidur setelah melahirkan. Pengaturan secara teratur, mencoba untuk mengatur suhu kamar dan menggunakan lampu tidur yang lebih redup. 

Pengaturan cahaya perlu diperhatikan dengan baik. Cahaya lampu kamar yang redup dapat membantu Mama untuk tidur lebih nyenyak. Terkait kamar tidur yang nyaman, usahakan juga untuk mengganti seprai secara teratur. Tak hanya menciptakan rasa nyaman saja, namun juga dapat meningkatkan kesehatan karena terhindar dari kuman penyakit.

Minum minuman hangat

Asalkan bukan minuman yang mengandung kafein, boleh diminum sebelum tidur. Seperti susu hangat, teh chamomile, teh lavender, maupun teh kayu manis.

Makan makanan yang mengandung magnesium

Selain almond dan kacang-kacangan, berpose, alpukat, dan tahu juga mengandung magnesium. Kabar baik, kandungan kalsium membantu mengatur siklus tubuh, terutama membuat tidur lebih berkualitas.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.