3 Bahan Pemanis yang Bisa Dipilih Menjadi Pengganti Madu, Sangat Direkomendasikan untuk Para Vegan
Ilustrasi Pemanis Pengganti Madu (Pexels/Pixabay)

Bagikan:

PALEMBANG- Madu menjadi bahan pangan pemanis yang biasanya dicampurkan saat mengonsumsi buah-buahan atau oatmeal. Caranya dengan mengoleskan madu di atasnya sebagai topping. Madu bisa juga dijadikan sebagai campuran dalam teh untuk membuatnya lebih manis.

Namun jika Anda seorang vegan yang mengonsumsi sayur demi menjaga kesehatan tubuh, madu masuk ke dalam kategori produk hewani karena proses pembuatannya yang melibatkan lebah.

Namun jangan khawatir, tips mencari pengganti madu, anda dapat menggunakan salah satu diantara pilihan berikut ini:

Sirup maple

Terbuat dari getah pohon maple yang didihkan, sirup ini merupakan pengganti madu yang bagus, terutama dalam resep-resep cemilan atau kue yang tidak perlu dipanggang. Sirup maple juga dapat dikonsumsi sebagai pemanis granola, saus salad, smoothie. Sirup maple tidak sekental madu, tetapi sama manisnya. Semakin gelap warnanya, semakin kaya rasa sirupnya.

Sirup dan pasta kurma

Sirup kurma merupakan bahan yang umum digunakan dalam masakan Timur Tengah, dan dapat digunakan untuk menambahkan rasa manis pada makanan yang dipanggang. Pasta kurma, yang lebih kental dari sirup kurma, sedikit lebih fleksibel dan dapat digunakan seperti selai. Gunakan sebagai pengganti madu saat membuat makanan panggang, saus salad atau smoothie, atau pasangkan dengan keju saat Anda menyiapkan charcuterie atau papan keju.

Sirup gula kelapa atau coconut nectar

Sirup gula kelapa memiliki konsistensi yang mirip dengan madu. Pemanis nabati ini terbuat dari getah dari bunga pohon kelapa. Sirup gula kelapa memiliki tingkat kemanisan yang ringan, sehingga membuatnya serbaguna untuk dicampur ke dalam berbagai makanan sehari-hari Anda.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.