5 Hal Perlu Anda Lakukan Agar Terhindar dari Lordosis atau Kelainan Tulang Belakang Bagian Bawah
Ilustrasi Pengobatan Lordosis (Karolina Grabowska/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Salah satu kondisi kesehatan tulang mengalami kelainan adalah lordosis. Lordosis adalah isitilah untuk menyebutkan kelainan tulang belakang bagian bawah. Kelainan tulang belakang ini dapat menyerang siapa saja, mulai dari bayi, anak-anak, remaja, bahkan lansia. 

Melansir dari Healthline, salah satu fungsi utama tulang belakang adalah untuk mempertahankan stabilitas dan struktur tubuh manusia. Meskipun terdapat banyak cara untuk mengatasi kelainan ini, sayangnya belum tentu pengobatan tersebut berhasil memberikan efek sama pada tubuh manusia, terutama pada lansia penderita osteoporosis (pengeroposan tulang). 

Langkah utama yang dapat dilakukan untuk mencegah lordosis adalah memosisikan postur tubuh dengan benar. Seperti apa caranya? VOI telah merangkum beberapa tips sederhana lainnya untuk diterapkan agar terhindar dari lordosis. Semoga membantu!

Melakukan peregangan ringan jika duduk terlalu lama

Jika Anda kini bekerja dari rumah selama masa karantina, melakukan peregangan tubuh sangat penting dilakukan. Pasalnya, bekerja dari rumah membuat tubuh lebih sedikit bergerak dibandingkan bekerja di kantor. 

Duduk di sofa atau tempat tidur merupakan tempat paling nyaman untuk melakukan aktivitas depan layar. Namun, jika itu dilakukan secara terus menerus, otot tulang belakang Anda bisa jadi kaku karena terlalu banyak duduk.

Oleh karena itu, penting bagi Anda melakukan peregangan ringan di sela-sela waktu kerja. Selain melemaskan otot-otot kaku, peregangan dapat memperlancar aliran darah karena adanya distribusi oksigen dan nutrisi ke otak.

Atur pola makan agar memiliki berat badan ideal

Salah satu penyebab lordosis adalah kelebihan berat badan atau obesitas. Hal tersebut terjadi karena postur tubuh memengaruhi tekanan berlebih pada tulang belakang. Jadi, jangan lupa jaga porsi makan untuk menghindari lordosis.

Gunakan bantal untuk menopang punggung bawah saat duduk

Saat duduk, gunakan bantal, handuk gulung, atau apapun benda empuk untuk menopang tulang belakang agar tidak tertekan berlebihan. Jika otot tulang belakang terlalu lama diberi beban, otomatis otot-otot tersebut akan melemah dan tidak mendukung fungsi tulang dengan baik.

Di samping itu, melemahnya otot-otot pada beberapa bagian tubuh dapat menyebabkan punggung terasa sakit saat posisi duduk.

Hindari menggunakan sepatu hak tinggi

Umumnya, bagian tulang belakang manusia memiliki lengkungan yang terbentuk secara alami. Lengkungan tersebut berfungsi untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman bergerak. 

Namun, saat Anda menggunakan sepatu hak tinggi, lengkungan punggung bagian bawah akan menjadi berlebihan sehingga dapat menyebabkan pergeseran tulang. Selain itu, dengan menggunakan sepatu hak tinggi, tubuh Anda akan lebih banyak menopang beban hampir dua kali lipat sehingga otot-otot tubuh bekerja di luar kendali maksimalnya.

Lakukan olahraga secara berkala

Selain untuk meningkatkan kesehatan jantung, berolahraga rutin setiap hari juga dapat mengurangi risiko mengidap lordosis. Otot-otot dalam tubuh akan menjadi rileks jika digerakkan setiap saat. Jika otot rileks, badan Anda pun dapat beraktivitas dengan ringan dan nyaman.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.