7Tips Sederhana untuk Membuat Hidup Jadi Lebih Rileks dan Tidak Mudah Stres
Ilustrasi hal sederhana yang bikin rileks (Unsplash/NCI)

Bagikan:

PALEMBANG- Waktu jeda atau rehat menjadi hal penting yang perlu dimiliki setiap orang di tengah kesibukannya sehari-hari. Jeda untuk merasa lebih rileks bermanfaat mengalahkan stres. Misalnya isi waktu dengan olahraga atau makan makanan sehat.

Seorang psikolog, Karen Young dalam catatannya yang diunggah di laman Hey Sigmund, merekomendasikan sejumlah strategi kesehatan mental yang bisa membantu seseorang menikmati hidup jadi lebih rileks.

Berikut tips sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat hidup lebih bahagia.

1. Terhubung dengan teman dan keluarga

Setiap orang tidak menjalani hdup untuk sendirian. Artinya membutuhkan orang-orang yang bisa diandalkan dalam hidup. Mengetahui bahwa Anda tidak sendirian adalah salah satu hal yang membuat Anda lebih merasa rileks. Maka, tetaplah terhubung dengan teman dan keluarga secara teratur.

Pastikan mendapatkan dukungan saat Anda membutuhkannya. Selain itu, membangun jaringan bisa mendukung Anda menjalani hidup ke depan nanti.

2. Mengidentifikasi hal-hal positif

Menurut Young, mengidentifikasi hal-hal positif bisa mengurangi pikiran negatif yang bikin sedih dan stres. Dengan menyadari hal-hal positif dalam hidup juga menjadi pengingat tentang ada lho kebenaran positif yang mengubah perspektif.

3. Jangan berasumsi motif orang lain

Ketika seseorang beraksi dan membuat Anda tersinggung, cobalah untuk tidak menganggap yang terburuk dari mereka. Setiap orang memiliki stresornya masing-masing. Mungkin, orang yang membuat Anda tersinggung tidak berniat begitu, tetapi karena sedang terburu-buru atau dalam kondisi darurat jadi tampak tergesa tanpa memikirkan efeknya pada Anda.

4. Ketahui prioritas Anda

Tuntutan hidup mungkin tak pernah ada habisnya dan wajar jika tidak bisa melakukan semuanya dengan baik. Jika tidak mengambil waktu jeda, kita bisa dengan mudah menjadi terlalu terikat dan terjadwal sehingga ada prioritas yang terabaikan.

Ketika Anda tahu yang mana prioritas, maka bisa membuat keputusan lebih baik tentang bagaimana mengelola waktu.

5. Istirahat

Segiat apapun Anda bekerja, selama bisa ambillah jeda untuk istirahat. Menurut Young, karena ingin melakukan begitu banyak daftar tugas, pikiran kita perlu istirahat. Istirahat yang layak bisa membantu Anda rileks dan merasa terisi kembali energinya.

6. Luangkan waktu untuk hal-hal kecil

Hal kecil, seperti memeluk anak atau pasangan ataupun teman dekat membawa sukacita dalam hidup. Baiknya, aktivitas kecil tersebut bisa membantu Anda merasa lebih santai. Isi juga waktu istirahat dengan kesenangan-kesenangan kecil.

7. Memaafkan diri sendiri

Ketika rencana tugas banyak sekali dan tidak bisa menyelesaikan semuanya, maafkan diri Anda sendiri. Tulis Young, stres bisa berasal dari pikiran negatif kita sendiri tentang diri kita sendiri. Tidak ada satu pun orang yang sempurna, dan setiap orang butuh ruang untuk membuat beberapa kesalahan. Meski tidak sempurna, Anda masih mencintai dan dicintai keluarga, teman, dan kerabat.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.