7 Tips Meningkatkan Konsentrasi Agar Lebih Fokus Menyelesaikan Pekerjaan
Ilustrasi cara untuk meningkatkan konsentrasi (Pexels/Marcus Aurelius)

Bagikan:

PALEMBANG - terkesan atau sepele, ternyata mencoba untuk fokus fikiran adalah hal yang terkadang sulit. tugas kita terkadang merasa terganggu ketika sedang mengerjakan atau menyelesaikan pekerjaan. Banyak hal-hal dari dalam diri maupun dari luar yang bisa memecah konsentrasi kita.

fokus adalah hal yang berdampak buruk akrena bisa memperlambat tugas, bisa juga penyebab tertentu yang tidak disadari. Secara umum, konsentrasi yang disebabkan 4 kategori penyebab.

Dilansir  Buoy Health , Senin, 8 November, penyebab tersebut antara lain kondisi psikologis, medis, lingkungan, dan penuaan. Penyebab psikologis antara lain sebagai berikut:

  • Gangguan Perhatian atau  gangguan perhatian  yang tidak hanya didiagnosis pada anak-anak tetapi juga bisa dialami oleh orang dewasa.
  • Depresi.
  • Dalam kondisi berkabung.
  • Mengalami kecemasan.
  • Gangguan suasana hati.

Penyebab medis juga bisa membuat seseorang sulit untuk fokus, seperti disfungsi kelenjar adrenal yang mengakibatkan tingkat energi tidak memungkinkan berkonsentrasi, masalah tiroid, dan sel darah merah.

Penyebab lingkungan, antara lain gaya hidup yang menyebabkan seseorang mengalami stres, kurang tidur, terganggu suara dari luar, dan kelelahan baik secara fisik maupun mental . Sedangkan faktor penuaan, seiring bertambahnya usia sering kali membuat seseorang melupakan kata-kata tertentu. Bahkan penuaan juga membuat seseorang mengalami keterbatasan kognitif sehingga berefek pada memori atau sering lupa.

Dari empat kategori penyebab di atas, terdapat 10 aktivitas yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Meskipun tips di bawah ini sederhana, Anda dapat melakukannya jika konsentrasi menurun ketika harus segera menyelesaikan tugas.

  1. Melatihotak

Terdapat berbagai cara untuk melatih otak, berdasarkan hasil studi tahun 2015, disarankan orang dewasa selama 15 menit setiap hari untuk menjalani aktivitas latihan otak. Apa yang bisa dilakukan? Anda bisa bermain gim Sudoku, misalnya. Bisa juga dengan bermain catur, main  puzzle ,mengisi teka-teki silang, mengungkapkan, dan permainan memori.

Berdasarkan studi tersebut di atas, melatih otak setiap hari berefek besar pada konsentrasi. Bahkan bisa mengembangkan memori, mempermudah menyelesaikan masalah, dan ahli menemukan solusi.

2. Perbaiki tidur

Pola tidur yang disesuaikan dengan suasana hati juga menurunkan konsentrasi. Bahkan, kurang tidur dapat mengganggu fungsi kognitif, termasuk memori dan perhatian. Banyak ahli merekomendasikan untuk tidur setidaknya 6-7 jam setiap malam.

3. Luangkan waktu untuk berolahraga

Peningkatan konsentrasi, menurut studi tahun 2018, bisa dengan rutin olahraga. Studi tersebut mengamati 116 siswa kelas lima dan membuktikan bahwa aktivitas fisik harian dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan perhatian rutin setelah dilakukan selama 4 minggu.

Untuk orang dewasa, disarankan untuk melakukan latihan aerobik level moderat. Aktivitas tersebut dapat mengembalikan memori dan memperkuat konsentrasi.

4. Menghabiskan waktu di alam

Dilansir  Healthline , cara ini membantu meningkatkan konsentrasi Anda secara alami. Cintai setiap hari, bahkan hanya selama 15-20 menit untuk berjalan di sekitar rumah melewati taman. Manfaatkan secara ilmiah pada penelitian tahun 2014, bahwa kepuasan tempat kerja berkaitan dengan desain ruang menggunakan tanaman. Ini mampu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas.

5. Meditasi

Sudah jadi rahasia umum bahwa meditasi dan praktik kesadaran memiliki banyak manfaat, salah satunya membantu meningkatkan konsentrasi. Tahun 2013 23 studi yang membuktikan bahwa latihan  mindfulness  dapat membantu meningkatkan perhatian dan fokus.

6. Istirahat

Setelah beberapa jam menyelesaikan tugas, pikiran mengembara tak bisa kembali fokus. Itu berarti mengambil waktu istirahat selama beberapa menit. Segarkan pikiran dengan camilan, jalan-jalan sebentar, keluar ruangan, atau mencari udara segar.

7. Dengarkan musik

Menyalakan musik saat bekerja atau belajar dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Bahkan jika Anda merasa terganggu dengan komposisi musik, bisa memutar  soundscape  alam. Menurut penelitian, mendengarkan suara-suara dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fungsi otak.

Tambahan cara meningkatkan konsentrasi, Anda bisa minuman berkafein seperti segelas kopi, teh hijau, atau cokelat hitam.

Artikel ini pernah ditayangkan sebelumnya di VOI dengan judul Tiba-tiba Susah Fokus, lakukan 7 Cara untuk meningkatkan konsentrasi . Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .